PPL Plus
by HAFECS
PPL+ adalah program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) oleh perguruan tinggi yang bekerja sama dengan HAFECS dan GIBS (Global islamic Boarding School) dimana program PPL akan diperkaya dengan berbagai program khusus sehingga peserta PPL mendapatkan pengalaman kerja di lapangan yang lebih optimal.
Mengapa Harus Mengikuti Program PPL+ ?
Mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru guna menyiapkan dan menghasilkan guru atau tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan bidangnya (profesional)
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat mempraktikan berbagai macam teori yang mereka terima di bangku perkuliahan.
Keuntungan mengikuti PPL+ ?
Training Hafecs (empat kali training)
Mentor TMF (Teaching Mastery Framework)
Modul TMF (Teaching Mastery Framework)
Teaching practice grading
Sertifikat penghargaan
Kesempatan mengikuti seleksi penerimaan gurubaru di GIBS setelah lulus
Download proposal PPL+ dan segera mendaftar sebelum penutupan
Kegiatan Program PPL+
Pelatihan dan pembuatan Lesson Plan
Pelatihan AT (Anderson Taxonomy)
Pelatihan PCK (Pedagogycal Content Knowledge)
Pelatihan Teaching Practice berdasarkan aspek pengajaran di GIBS
Pelatihan Writing Skills HAFECS
Pembuatan Video Pengajaran
TIMELINE PROGRAM PPL+
1. Sosialisasi
20 Maret 2019
2. Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman (gelombang 1)
17 April – 30 Juni 2019
3. Pendaftaran, Seleksi (gelombang 2)
1 July – 8 July 2019
4. Pengumuman (gelombang 2)
10 Juli 2019
5. Pelaksanaan Program PPL+
15 Juli 2019
6. Penutupan Program PPL+
16 September 2019
Ketentuan dan Informasi PPL Plus
Persyaratan dan Peserta PPL Plus
- Mahasiswa aktif FKIP (Matematikan dan Bahasa Inggris) Perguruan Tinggi di Kalimantan Selatan
- Mahasiswa yang telah memenuhi syarat untuk melakukan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) sebagai salah satu mata kuliah wajib dan syarat untuk menyelesaikan gelar sebagai sarjana Pendidikan
- Berkas pendaftaran, meliputi CV, Proposal PPL dan Surat Pengantar dari Jurusan bersangkutan.
- Bersedia untuk mengikuti Training dari HAFECS
- IPK ≥ 3.00
- Minimal skor TOEFL 400 (Jika belum memiliki sertifikat, maka akan disediakan Tes TOEFL)
- Maksimal umur 30 tahun
- Bersedia mengikuti seluruh kegiatan selama jam kerja di GIBS
- Pendaftar akan diwajibkan mengikuti seleksi dan dipilih 20 pendaftar terbaik
Rencana Kegiatan PPL Plus
No | Kegiatan | Rencana Jadwal |
1 | Profil SMP-SMA GIBS | Minggu pertama |
2 | Observasi kelas | Minggu pertama |
3 | Training AKT | Minggu pertama |
4 | Latihan membuat AKT | Minggu pertama |
5 | Training PCK | Minggu kedua |
6 | Latihan membuat PCK | Minggu kedua |
7 | Observasi Kelas | Minggu kedua |
8 | Sesi pembuatan LP | Minggu ketiga |
9 | Pembuatan LP | Minggu ketiga |
10 | Evaluasi 1 (oleh guru pamong) | Minggu ketiga |
11 | Praktik mengajar di kelas | Minggu keempat |
12 | Sesi Teaching Practice berdasarkan aspek pengajaran di GIBS | Minggu keempat |
13 | Praktik mengajar di kelas | Minggu kelima |
14 | Evaluasi 2 (oleh Reviewer Teaching grading) | Minggu kelima |
15 | Training Writing Skill HAFECS | Minggu keenam |
16 | Pembuatan Artikel HAFECS | Minggu keenam |
17 | Training Pembuatan Video Pengajaran | Minggu ketujuh |
18 | Pembuatan Video Pengajaran | Minggu ketujuh |
19 | Penilaian akhir (Praktik mengajar di kelas) | Minggu kedelapan |
20 | Pembuatan Laporan | Minggu kedelapan |
Key Performance Indicators
Catatan: Apabila Anda melihat dari handphone pada bagian mungkin tampilan akan sedikit berbeda, kami sarankan untuk melihat melalui komputer atau download proposal kami. terima kasih
No | Activities | Output | Outcome |
1 | Pelatihan pembuatan Lesson Plan |
Lesson Plan
|
Mampu mempersiapkan pengajaran di kelas dengan lebih baik . |
2 |
Pelatihan AKT (Anderson and Krathwohl Taxonomy)
|
Kumpulan pertanyaan berbasis AKT
|
Meningkatkan kualitas petanyaan yang dibuat saat proses pembuatan LP dan pengajaran di kelas.
Mampu membangun Critical Thinking siswa berdasarkan pertanyaan yang telah dibuat. |
3 | Pelatihan PCK (Pedagogical Content Knowledge) |
Draft PCK berdasarkan subjek yang dikuasai
|
Mampu meningkatkan pemahaman siswa melalui konteks, pedagogy maupun instruksi-instruksi yang telah dibuat. |
4 | Pelatihan Teaching Practice berdasarkan aspek pengajaran di GIBS |
Peningkatan kualitas mengajar berdasarkan indikator tertentu
|
Memperoleh keterampilan dan wawasan dalam pengajaran.
|
5 |
Pelatihan Writing Skill HAFECS
|
Artikel terkait dengan refleksi proses mengajar di kelas
|
Mampu merefleksikan proses mengajar di kelas dalam bentuk tulisan untuk mengembangkan kemampuan mengajar. |
6 |
Pembuatan Video Pengajaran
|
Video pengajaran
|
Mampu memberikan contoh proses pengajaran yang pernah dilakukan dalam bentuk video.
Mampu menyampaikan pemahaman materi yang pernah diajarkan secara sederhana dan mudah dipahami. |