Segera

TEACHING CHALLENGE 2021

By HAFECS

Provinsi

Guru terpilih Seluruh Indonesia

Total hadiah

TEACHING CHALLENGE merupakan sebuah kompetisi pengajaran bagi guru bertemakan tindakan kelas. Teaching Challenge 2021 menawarkan total hadiah sebesar Rp 200.000.000 untuk 40 guru terpilih dari seluruh Indonesia. Peserta diwajibkan mengirim video dan esai mengenai masalah dalam pengajaran yang kemudian akan dinilai oleh reviewer secara tertutup (penilaian yang dilakukan reviewer) dan terbuka (objektif berdasarkan kriteria yang berlaku.

Teaching Challenge 2020 Akan di buka pada

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)

GOALS

Meningkatkan kesadaran guru dan praktisi pendidikan akan pentingnya metode pengajaran dan pembelajaran yang efektif.

Menstimulasi guru dan praktisi pendidikan untuk berinovasi dalam mengembangkan metode pengajaran dan pembelajaran yang efektif.

Membantu guru dan praktisi pendidikan untuk  menerapkan metode pengajaran dan pembelajaran yang efektif ke dalam kelas.

KATEGORI PESERTA

Kami mengundang guru dari seluruh penjuru Indonesia untuk mengikuti Teaching Challenge 2019. Setiap guru yang masih aktif mengajar di jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan sekolah inklusi dapat mengikuti kegiatan ini.

PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH

PENDIDIKAN INKLUSIF

PANDUAN TEACHING CHALLENGE

Berikut merupakan panduan umum terkait Teaching Challenge mulai dari panduan umum, video, serta esai. Silahkan memahami panduan dibawah sebelum mengikuti Teaching Challenge.  

Panduan Umum
  1. Peserta Teaching Challenge merupakan guru (SD/SMP/SMA/SMK/Sekolah Inklusif) yang masih mengajar secara aktif di kelas.
  2. Peserta Teaching Challenge diwajibkan mengirim pemaparan mengenai masalah pengajaran yang peserta alami dalam bentuk video dan esai.
  3. Setiap guru hanya dapat mengirimkan 1 kasus PTK.
  4. Pada saat penelitian dilakukan, peserta Teaching Challenge wajib mengirimkan video dan laporan perkembangan riset kepada panitia.
  5. Dana hibah riset akan diberikan secara bertahap sesuai dengan progres penelitian.
  6. Pengawasan proses penelitian akan dilakukan oleh tim HAFECS.
  7. Peserta tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Teaching Challenge.
  8. Semua video dan esai yang sudah dikirimkan akan menjadi hak milik HAFECS.
Panduan Video
  1. Peserta diwajibkan mengirim satu video mengenai permasalahan pengajaran untuk mendaftar Teaching Challenge
  2. Video yang dikirim berupa rekaman guru yang sedang mengajar di kelas serta suasana kelas saat proses belajar mengajar berlangsung. Diharapkan dari video tersebut, masalah dalam pengajaran dapat digambarkan dengan lebih jelas dan nyata.
  3. Bila peserta lolos tahap seleksi pertama maka peserta wajib mengirimkan 3 video lainnya selama kompetisi berlangsung.
  4. Video yang dikirimkan oleh peserta berdurasi 10-15 menit.
  5. Semua video yang dikirimkan oleh peserta Teaching Challenge harus menggambarkan kejadian nyata di kelas.
  6. Semua video yang dikirimkan oleh peserta Teaching Challenge harus mempunyai kualitas yang baik dan dapat menggambarkan kejadian di dalam kelas dengan jelas.
  7. Video diunggah ke Google Drive masing-masing peserta dengan format *Mp4 dan peserta menyalin link untuk mendownload file di formulir pendaftaran.
Panduan Esai
  1. Esai ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baik dan benar.
  2. Esai berisi pemaparan masalah pengajaran dan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut
  3. Format dokumen :
    Ukuran kertas : A4
    Font : Times New Roman 12
    Spasi : 1,5
  4. Esai ditulis dalam maksimal 1000 kata
  5. File esai disimpan dengan format penamaan “TEACHING CHALLENGE 2019-Nama Peserta-Asal Sekolah”. Contoh : TEACHING CHALLENGE 2019-Anisa Rahayu-SMA GIBS
  6. Esai dikirimkan kepada panitia dalam format *pdf

CONTOH VIDEO TEACHING CHALLENGE

Video di bawah merupakan contoh video proses belajar mengajar yang ada di SMA GIBS. Peserta Teaching Challenge 2019 diharap merekam video serupa yang telah disesuaikan dengan masalah pengajaran yang peserta ajukan.

Jika ada pertanyaan terkait Teaching Challenge bisa hubungi kami serta dapatkan informasi terbaru hanya di social media HAFECS.

FAQ

Pertanyaan seputar Teaching Challenge beserta jawabannya

1. Bagaimana teknis pembimbingan peserta setelah lolos 40 terbaik ?

Setelah  diseleksi menjadi 40 terpilih, peserta akan diberikan coaching dengan materi Teaching Mastery Framework. Coaching diberikan oleh salah satu trainer Hafecs melalui online course. Kemudian untuk coaching lebih lanjut, peserta akan diundang ke dalam forum  konsultasi daring yang akan disediakan oleh tim Hafecs.

2. Bagaimana teknis pembuatan video ?

Proses pembuatan video :

  • Merekam seluruh aktivitas di kelas dalam proses belajar mengajar
  • Melakukam refleksi dengan menonton kembali video yang direkam  untuk menemukan masalah yang ada dalam kelas
  • Menuliskan permasalahan yang ditemui tersebut dalam essai yang akan di submit beserta rancangan solusi dari permasalahan yang akan diaplikasikan pada video selanjutnya, dengan masalah yang serupa.
  • Video yang diunggah merupakan potongan dari video pengajaran di kelas  yang menunjukkan  masalah yang dialami, dengan durasi maksimal 15 menit, dan ukuran file 250Mb.

3. Bagaimanakah bentuk laporan kemajuan ?

Secara garis besar, laporan kemajuan  berisi revisi dari essai yang telah di unggah sesuai dengan  Teaching Mastery Framework.

4. Apa keuntungan mengikuti Teaching Challenge ?

Selain memperoleh kesempatan memenangkan dana hibah penelitian tindakan kelas sebesar 5 juta per orang, peserta juga akan memperoleh :

  • Majalah digital Hafecs
  • Potongan harga untuk online course Hafecs
  • Ebook Pedagogical Content Knowledge (PCK) yang diterbitkan oleh Hafecs

Dan untuk 3 peserta terbaik Teaching Challenge akan mendapatkan gate pass dalam acara Teaching and Learning Summit senilai Rp.1.200.000,00  yang diselenggarakan oleh Hafecs.

× Hallo kami siap membantu Anda