Pendahuluan

Dalam dunia pendidikan, aset yang paling berharga adalah guru. Mereka adalah inti dari proses pembelajaran dan memiliki peran penting dalam mencapai tujuan organisasi pendidikan, yaitu peningkatan pencapaian siswa. Guru bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga merupakan human capital yang memiliki kompetensi, skill, pengalaman, dan komitmen yang dapat meningkatkan performa suatu organisasi pendidikan. Human Capital Management (HCM) memainkan peran kunci dalam mengelola guru sebagai aset-investasi yang bernilai.

 

Human Capital

Pada judul terdapat istilah Human Capital.  Apakah Human Capital?.  Human Capital biasanya dikenal orang ekonom yang merupakan aset tak berwujud (intangible asset) dapat berupa kompetensi, skill, intelektual, pengalaman, inovasi dan komitmen dari karyawan  guna meningkatkan performa atau kesuksesan suatu perusahaan/organisasi. Untuk mengelola itu maka dikenal Human Capital Management (HCM). HCM berbeda Human Resource Management (HRM). Perbedaan yang sangat mendasar adalah HCM melihat karyawan adalah aset-investasi  sedangkan HRM menganggap karyawan termasuk dalam biaya (cost) perusahaan. HCM dalam prosesnya berusaha melibatkan dan mendengarkan masukan, ide dari staffnya, cross-level  dalam pengembangan produk atau positioning value,  sehingga kebijakan perusahaan atau organisasi tidak parsial atau untuk bagian/level tertentu saja, seperti halnya yang terjadi pada model HRM.

Guru adalah  educational talent  dan merupakan aset, berperan penting dari suatu organisasi pendidikan yang performanya mesti dijaga dan selalu ditingkatkan. Untuk itu mesti adanya strategi yang tepat untuk me-manage­ nya hingga tercapai tujuan dari organisasi dalam hal ini adalah peningkatan pencapaian siswa.

 

Strategi apa yang tepat?

HCM berperan menemukan dan menerapkan strategi yang tepat yang sejalan dengan tujuan organisasi mulai dari proses rekrutmen, screening, seleksi, penempatan, induction/mentoring, pengembangan, kompensasi dan evaluasi. Semuanya itu harus fokus dan mengarah kepada praktek mengajar guru di kelas, yaitu kemampuan dalam membuat instruksi yang efektif. Instruksi disini bukan sekedar menyangkut masalah pedagogy, melainkan instruksi yang kaya dengan konten, konteks, sejalan dengan pemahaman mengenai kurikulum dan tingkat pengetahuan siswa. Kemampuan ini dikenal dengan PCK (Pedagogical Content Knowledge) yang wajib dikuasai oleh guru.

Model pengetahuan guru

 

Performa guru dan pencapaian siswa adalah outcome dari organisasi. Untuk itu pendataan secara berkelanjutan adalah sangat penting. Data ini dapat digunakan dalam penentuan strategi HCM  selanjutnya.

Guru terlibat aktif dalam melihat perkembangan siswa. Guru berkalobarasi mereview data hasil asessment siswa, baik summatif maupun formatif, bersama-sama merencanakan pembelajaran berdasarkan pengembangan PCK dan meimplentasikannya dengan benar di kelas. Tingkat keefektifan pembelajaran dan penyampaian  instruksi dikelas direview bersama-sama sebagai masukan dalam pengembangan dan modifikasi perencanaan pembelajaran selanjutnya.

Perkembangan pencapaian siswa dalam belajar menjadi point penting dan serius  diperhatikan dan itu berbanding lurus dengan kemampuan PCK guru.  Perlu kiranya ada struktur di organisasi pendidikan, khususnya sekolah yang fokus mengenai PCK ini dan guru terlibat di dalamnya sekaligus pengembangan kemampuan leadership guru dalam organisasi.

model struktur pengembangan PCK

 

Kesimpulan

Dalam mengelola guru sebagai aset pendidikan yang berharga diperlukan strategi yang tepat. Beberapa strategi penting yang meliputi rekrutmen yang selektif, penempatan yang bijaksana, induksi/mentoring yang baik, pengembangan profesional berkelanjutan, evaluasi kinerja yang teratur, pemanfaatan data, kolaborasi, dan pengembangan kemampuan kepemimpinan guru. Strategi-strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru, terutama dalam hal PCK, yang merupakan pemahaman tentang bagaimana mengajar dengan efektif dalam konteks kurikulum dan pemahaman siswa.

 

Daftar Pustaka

Boroujerdi, Raziyeh Yosof, dkk. 2014. The study of the nature of human capital management and its strategic role in achieving of competitive advantage for the organization. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 4, Issue 5.

 

Odden, Allan & james A. Kelly. 2008. Strategic Management Of Human Capital In Public Education. Wiscosin Center for education Research. University of Wisconsin-Madison.

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

×

Kami siap membantu Anda

Selamat datang di Hafecs. Jika ada hal yang ingin ditanyakan terkait layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya melalui call centre Hafecs di bawah melalui WhatsApp atau kirim email melalui halaman kontak kami
×