HAFECS Research and Publication (HRP)

HAFECS Research and Publication (HRP) merupakan badan riset yang bertujuan untuk menumbuhkan inovasi-inovasi pendidikan terutama dalam proses pengajaran dan pembelajaran.

HRP berperan dalam melakukan penelitian tentang inovasi dan best-practice dalam dunia pendidikan. Dengan adanya HRP, maka diharapkan muncul banyak temuan serta inovasi yang terbukti secara empiris yang dapat diterima dengan baik oleh lingkungan pendidikan yanglebih luas.

Penelitian Sebelumnya: Kompetensi Mengajar Guru

(Oktober 2019)

HAFECS telah mengadakan Program Bimtek dan Diklat di 2 kota yakni Banjarmasin dan Yogyakarta. Program ini merupakan program kerjasama anatra HAFECS dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayan Indonesia.

Bimtek dan Diklat ini bertujuan untuk Untuk membangun kompetensi secara bertahap bagi para guru agar lebih efektif dalam mengajar.

Detail tentang program ini dapat dilihat dalam laporan yang disusun HRP dengan judul “Laporan Hasil Pelaksanaan Diklat dan Bimtek, Usulan Langkah Lanjutan”

5
Program pelatihan diikuti dg riset mini yang dilakukan dengan melibatkan guru.
5
Bimtek memfasilitasi guru untuk melakukan refleksi tentang praktik mengajar menggunakan PCK dan HOTS
5
Terdapat peningkatan kompetensi sebesar 88% pada guru di Yogyakarta dan 59% pada guru Banjarmasin

Literasi dan Numerasi di Program Sister School GIBS

(Saat Ini)

Kompetensi Literasi dan Numerasi menjadi salah satu sorotan dalam dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Sorotan ini muncul setelah hasil asesmen Programme International Student Assessment (PISA) sejak tahun 2008 menunjukkan bahwa Indonesia terus berada di peringkat yang rendah dalam bidang literasi dan numerasi dibandingkan negara lain.

Saat ini HRP memiliki akses di enam sekolah di daerah Kalimantan Selatan yang didapatkan melalui program Sister School GIBS. Tujuan dari dilaksanakannya program Sister School GIBS bertujuan untuk mendampingi dan membina sekolah yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas melalui peningkatan kualitas pengajaran guru.

Dalam program ini, guru dari kelima sekolah terpilih berkesempatan untuk mengikuti training yang diberikan oleh HAFECS tentang Teaching Mastery Framework (TMF) yang digunakan oleh semua guru-guru di GIBS dalam mengajar peserta didiknya. Program ini dilaksanakan dengan harapan meningkatnya kompetensi peserta didik yang akan dilihat melalui kompetensi literasi dan numerasinya.

Ayo Menjadi Bagian HRP

Apakah anda seorang peneliti yang memiliki passion untuk mentransformasi Pendidikan di Indonesia? Bergabunglah dengan HAFECS Research and Publication (HRP). HRP mencari Lead Researchers,Junior Researchers dan Teacher as Fellow Researchers yang siap bergabung dan melakukan penelitian dalam jangka waktu 5 bulan dimulai dari November 2020. Fasilitas riset yang disediakan oleh HRP:

N

1. Sekolah yang berpartisipasi pada program riset

N

2. Guru yang akan terlibat

N

3. Dukungan pelaksanaan riset terapan

N

4. Pengumpulan data

N

5. Survei awal di lapangan

N

6. Biaya pelaksanaan riset

Researcher
Indonesia Wordwide
Researcher
Indonesia Wordwide
Researcher
Indonesia Wordwide

Jika ada pertanyaan terkait HRP bisa menghubungi kontak pada tombol dibawah

× Hallo kami siap membantu Anda