STRATEGI IMPLEMENTASI PENGETAHUAN KONTEN

Pentingnya Penguasaan Materi Bagi Guru

apa itu pck pengetahuan konten

apa itu pck pengetahuan konten

Apa itu PCK? Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang PCK secara umum. Di dalam artikel ini nantinya akan dibahas aspek pengetahuan konten. Salah satu komponen utama dalam PCK (Pedagogical Content Knowledge) adalah pemahaman mendalam guru tentang cara mengajarkan konten materi pelajaran dengan lebih efektif kepada siswa. Shulman menyebutkan bahwa pengetahuan konten menjadi salah satu elemen penting PCK. Pengetahuan terhadap konten memampukan guru dalam membedakan kesulitan dari masing-masing konten pembelajaran.

Guru ketika merancang konten materi dengan mengelompokan seperti topik, sub topik, konsep-konsep pendukung dan fakta-fakta disekitar siswa. Sehingga dalam mengajar guru lebih mampu membangun topik dari fakta-fakta yang terjadi disekitar siswa. Guru dapat menggunakan 5 strategi ketika membangun topik pembelajaran. Strategi ini kami sebut MEKAR.

M.E.K.A.R

M – enguasai materi secara mendalam

Bagi guru, memahami materi, konsep dasar dan fakta-fakta itu penting. Guru harus mampu memahami prinsip-prinsip utama, potensi kesalahpahaman dan tingkat kesulitan materi. Sehingga guru mampu menjelaskan materi secara sistematis.

 

E – kspresif dalam mengajar dan menjelaskan

Bahasa tubuh, gerak tubuh dan ekspresi menentukan perhatian siswa kepada penjelasan guru. Guru semestinya mampu menggunakan analogi, ilustrasi visual, atau demonstrasi untuk memvariasikan penjelasan.

 

K – oreksi miskonsepsi

Siswa yang merespon dengan baik dan benar menjadi salah satu parameter keberhasilan pembelajaran. Guru dapat memberi pertanyaan untuk mengidentifikasi valid atau tidaknya materi/konsep yang diajarkan guru.

 

A – nalisis pemahaman dan minat siswa

Guru dapat menggunakan instrument tes dan non-tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Guru dapat memperhatikan respon siswa sehingga pemahaman siswa dapat terukur. Hasil respon ini dapat menunjukkan minat siswa terhadap materi yang disampaikan guru.

 

R – esponsif terhadap umpan balik

Hasil respon siswa juga mendeskripsikan cara guru dalam mengajar. Kekuatan dan kelemahan dari cara mengajar guru tergambar disana, sehingga guru harus cepat menanggapi hal ini sebagai perbaikan. Guru setidaknya perlu berbesar hati terhadap kritik yang membangun dan umpan balik serta bersedia mengadaptasi metode mengajar.

Dengan menerapkan MEKAR, guru dapat menyediakan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Kerangka pengajaran yang baik dapat dibentuk dengan menerima masukan dari siswa, orangtua, dan rekan guru, serta menggunakan hasil evaluasi dan penilaian untuk memperbaiki pendekatan pengajaran. Penting bagi guru untuk terbuka terhadap kritik yang membangun dan umpan balik konstruktif, serta bersedia untuk mengadaptasi metode mengajar mereka.

Dengan memahami materi dengan baik, guru dapat merancang dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara efektif, memastikan bahwa siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran yang disampaikan. Oleh karena itu, penguasaan konten menjadi aspek pertama dan utama dari Pedagogical Content Knowledge (PCK) yang harus dikuasai oleh guru.

 

Penulis: Rahmadania Nurhaliza

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

×

Kami siap membantu Anda

Selamat datang di Hafecs. Jika ada hal yang ingin ditanyakan terkait layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya melalui call centre Hafecs di bawah melalui WhatsApp atau kirim email melalui halaman kontak kami
×