Sebagai pembuka dari libur lebaran, HAFECS mengadakan sesi kelas dengan pembahasan “4 Aspek untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif Demi Pembelajaran Efektif,” di kantor HAFECS Yogyakarta. Sesi yang diselenggarakan pada Selasa (25/06/2019) ini diikuti oleh belasan guru dari berbagai sekolah di D.I.Y.

Trainer HAFECS Class Randi Ahmad Irwanto, menyebutkan bahwa 4 (empat) aspek yang dipelajari dalam sesi ini sangat penting bagi para guru, agar mereka dapat mengelola kelas dan proses pembelajaran menjadi lebih efektif.

“Di antara 4 (empat) aspek tersebut ialah Teaching Tactic. Mengapa guru harus menggunakan Teaching Tactic? Setidaknya ada tiga alasan yang mendasarinya, pertama, karena siswa akan bosan jika guru hanya menggunakan 1 (satu) metode saja sepanjang tahun. Kedua, karena siswa memiliki karakteristik yang berbeda. Ketiga, karena siswa harus menjadi aktif. Oleh karena itu guru perlu mempelajari, memahami, dan menguasai metode, model/ strategi, dan pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas,” kata Randi.

Setelah menjelaskan Teaching Tactic, Randi menampilkan sebuah video yang berisi kegiatan mengajar di kelas yang diampunya. Dalam video tersebut diperlihatkan cara Randi menghandle kelas, terkhusus mengenai teknik drilling dan caranya memancing siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas dengan sistem “Siswa menunjuk siswa lainnya untuk mengerjakan soal.”

3 (tiga) aspek utama lainnya yang dijelaskan oleh Randi ialah Classroom Management, Soft Skills, dan Teaching Scenario. Setelah setiap aspek selesai dijelaskan oleh Randi, ia akan menampilkan sebuah video yang koheren dengan aspek tersebut. Selanjutnya, Randi juga mengajak para peserta (guru) untuk langsung mempraktikkannya.

Salah satu praktik yang menarik di sesi kelas tersebut ialah mengenai pembelajaran “Aritmetika” menggunakan batang-batang korek api. Randi mengajak para peserta untuk membuat persegi menggunakan korek api yang telah dibagikan oleh tim HAFECS.

Para peserta diminta untuk membuat beberapa buah persegi dengan batang korek api yang terbatas. Dari praktik tersebut, mempelajari Aritmetika untuk mengetahui deret hitung bilangan terasa sangat mudah dan menyenangkan, hal ini terlihat dari ekspresi para guru yang melakukannya.

Setelah menjelaskan setiap aspek, menonton video, dan mempraktikkannya, Randi juga membuka kesempatan kepada para peserta untuk bertanya. Para peserta sangat antusias dalam mendalami setiap aspek yang diberikan dalam sesi kelas ini, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan ketika setiap aspek selesai dijelaskan.

Dan pada akhir sesi, para peserta dan trainer diajak untuk foto bersama dan memberikan testimoninya mengenai kegiatan HAFECS Class yang telah diselenggarakan.

Para peserta memberikan feedback yang sangat positif mengenai sesi kelas ini, dan mengapresiasi program HAFECS Class untuk senantiasa dilakukan dan disebarkan ke lebih banyak guru-guru di seluruh Indonesia.

Reporter: Zaky Praditya

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

× Hallo kami siap membantu Anda