Pesta Pendidikan adalah kegiatan barengan kita, bentuk nyata dari pemangku kepentingan yang Bergerak, Belajar, dan Bermakna bersama. Kita adalah publik, bagian terpenting yang perlu berpartisipasi sampai tingkat berdaya, bukan hanya berkomunikasi atau bermitra dalam ekosistem pendidikan Indonesia. Organisasi, komunitas, maupun nonpendidikan yang berpartisipasi disatukan oleh Prinsip Barengan. 

(pestapendidikan.com)

Ada euforia yang berbeda ketika memasuki Benteng Vredeburg kali ini. Keceriaan seketika terasa saat melintasi gerbang benteng karena tawa anak-anak adalah penyambutnya.

Berbagai booth dari UPT, komunitas pendidikan, instansi sekolah serta UMKM berjejeran di area Benteng. “Kurang lebih ada sekitar 60 lapak kami sediakan kepada berbagai instansi pemerintah, sekolah, komunitas dan UMKM, untuk mengenalkan profil, program dan kegiatan mereka kepada publik,” kata Fahmi, salah satu panitia dalam Pesta Pendidikan tahun ini.

Di halaman Benteng terlihat kegiatan outdoor math dari P4TK Matematika yang diikuti oleh siswa dan orang tuanya. “Kegiatan outdoor math atau fun math diikuti oleh siswa SD pada sesi pagi, siswa SMA pada sesi siang, dan siswa SMP pada sesi sore. Dalam kegiatan ini, dikenalkan logika matematika secara sederhana melalui media pembelajaran, jadi istilahnya belajar sembari bermain,” kata salah satu pegawai P4TK Matematika.

Terdapat juga kegiatan membatik yang dibuka untuk umum, pelatihan baris-berbaris dan senam bagi anak TK dan SD, Zona Dongeng, serta pembagian buku, kaset pembelajaran, dan suvenir secara gratis dari berbagai UPT. Publik juga dapat menggunakan fasilitas yang telah disediakan di masing-masing booth, bertanya tentang informasi sekolah dan komunitas, serta kegiatan dan program pendidikan dari pemerintah.

Sementara di Panggung Benteng Vredeburg, sebagai lokasi utama dari kegiatan Pesta Pendidikan, diselenggarakan festival publik yang berisi pagelaran seni, talkshow, dan lomba. Khusus pada puncak acara yang bertepatan pada tanggal 03 Mei 2019, diadakan Arakan Tumpeng dan Janji Publik yang dihadiri oleh Najeela Shihab, inisiator jaringan Semua Murid Semua Guru (SMSG).

Untuk merasakan kemeriahan Pesta Pendidikan 2019 di Yogyakarta, mari lihat beberapa foto yang telah didokumentasikan oleh tim HAFECS Yogyakarta berikut:

Reporter : Zaky Praditya

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

× Hallo kami siap membantu Anda