By: Fitria Azizah, S.Pd

Dewasa ini, generasi muda semakin menyadari pentingnya pendidikan yang lebih tinggi dalam menghadapi persaingan di era global. Ini tercermin dalam hasil survei terbaru yang dilakukan oleh MasterCard (dikutip dalam artikel pada news.okezone.com) hasil studi tersebut menunjukkan, 37 persen masyarakat Indonesia berusia 18-24 tahun berniat melanjutkan pendidikan dalam satu tahun ke depan. Sementara 12 persen dari seluruh responden akan mengikuti kursus. Survei ini juga mengungkap, pendidikan mulai menjadi faktor penting dalam penetapan anggaran keluarga Indonesia. Sebesar 70 persen dari responden secara rutin menyisihkan sekira 6-20 persen dari pendapatan mereka untuk biaya pendidikan sang anak.

Hasil survey ini cukup menggembirakan karena menujukkan perkembangan yang sangat bagus dari masyarakat Indonesia, terutama menggarisbawahi kesadaran akan pentingnya pendidikan untuk terus tumbuh. Yang paling menggembirakan, kesadaran ini berasal dari generasi muda akan memainkan peran penting sebagai pemimpin Indonesia di masa yang akan datang. Perhatian pemerintah terhadap pendidikan juga ditunjukkan dengan anggaran pendidikan 20% dari APBN, terlepas dari apakah anggaran tersebut sudah dikelola dan dieksekusi dengan baik, tidak kita bahas di artikel ini tetapi akan kita bahas di artikel lain.

Kesadaran terhadap pendidikan, anggaran pendidikan yang tinggi mungkin dapat membuat kita dapat sedikit bergembira, namun tentu saja tidak dapat membuat kita menjadi lega. Fakta dilapangan mutu pendidikan di Indonesia masih rendah, mengapa demikian? Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mengukur mutu pendidikan adalah kualitas dari produk pendidikan itu sendiri. Siapa produk dari pendidikan itu? Yaitu adalah siswa lulusan dari sekolah, baik sekolah menengah atau sekolah tinggi (perguruan tinggi). Lulusan SMA/SMK dan sarjana mer- upakan angka penduduk usia kerja. Ini berarti usia produktif tenaga kerja Indonesia sangat tinggi dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

× Hallo kami siap membantu Anda