Update Terbaru data COVID-19

Eittss Enggak Perlu Panik Ya, Kita sama-sama kok

Hai sobat HafecsID dimanapun kamu berada, bagaimana kabar #healthyathomemu hari ini? Semoga tetap menyenangkan, aman dab sehat ya. Juga semoga sobat sekeluarga, selalu dalam perlindungan yang baik ya, di tengah wabah pandemi Virus Corona atau COVID-19 yang cukup meresahkan dan menjadi perhatian dunia, akhir-akhir ini. Tentu tidak mudah untuk bertahan, menjaga kestabilan diri, emosi, dan pikiran, di tengah maraknya kasus Novel Corona Virus ini.  Jumlah kasus yang kian hari kian bertambah, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara-negara lainnya, tentu menjadi duka sekaligus kekuatan bersama. Percayalah, kamu tidak sendirian di dalam situasi ini. Kita bersama-sama menghadapinya ya sobat.

Sebagaimana yang dilansir dari kawalcovid19.id, data terbaru jumlah kasus COVID-19 di Indonesia pada Kamis (02/04/2020) sudah mencapai 1790 kasus yang terkonfirmasi di data pusat, 1508 diantaranya dalam masa perawatan, 112 dinyatakan sembuh, dan 170 dinyatakan meninggal. Dimana ibu kota Indonesia, yakni Provinsi DKI Jakarta masih menjadi penyumbang terbesar dalam data persebaran Virus Corona di Indonesia, yakni sebesar 897 Kasus, 52 jiwa dinyatakan sembuh, dan 90 jiwa dinyatakan meninggal. Di urutan kedua, disusul oleh Provinsi Jawa Barat dengan total persebaran kasus yang tercatat sebanyak 223 kasus, 11 diantaranya dinyatakan sembuh, 25 lainnya dinyatakan meninggal. https://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/ .

Sementara, data terbaru mengenai pencatatan kasus COVID-19 secara global yang dilansir dari CSSE John Hopkins University

Sementara, data terbaru mengenai pencatatan kasus COVID-19 secara global yang dilansir dari CSSE John Hopkins University per (02/04/2020) pukul 07:50:25 PM atau sekitar pukul 19:50 Waktu Indonesia Barat, mencapai 956.988 kasus di 180 negara, dengan angka kematian sebanyak 48.583 jiwa, dan yang berhasil sembuh mencapai 202.728 jiwa. Tiga negara dengan perolehan catatan kasus tertinggi meliputi Amerika (USA) sebanyak 216.722 kasus, Italia sebanyak 110.574 kasus, dan Spanyol sebanyak 110.238 kasus. Angka kematian tertinggi diraih oleh negara Italia dengan total angka 13.155 kematian. Sementara, di urutan satu dalam hal penyembuhan dan penanganan pandemi global, China masih menempati urutan pertam, dengan angka signifikansi yang jauh dari negara-negara lainnya yakni sebesar, 76.571 total recovered.

Angka-angka tersebut tentu membuat hampir seluruh orang di dunia ini, tidak hanya kamu, merasa khawatir, panik, dan cemas ya sobat. Tentu reaksi psikologis tersebut sangat wajar dialami oleh kita semua, dalam memerangi Novel Corona Virus ini. Pergulatan pikiran, emosi, perubahan rutinitas, hingga ketidakstabilan pada seluruh aktivitas perekonomian tentu akan berdampak pada kondisi kesehatan mental sobat sekalian. Meskipun demikian, berusahalah tenang dan tetap bernafas dengan baik, di saat kecemasan-kecemasan tersebut melanda, saat sobat tengah menjalani #Workathome dan #Socialdistancing. Ingat, bahwa yang mengalami hal tersebut bukan hanya kamu, aku, atau kita, tetapi hampir seluruh warga negara di dunia ini. Sehingga fakta ini, mampu memberikan dorongan dan motivasi yang kuat. Menjaga, agar pikiran dan perasaan kita tetap sehat, berada pada kondisi dan situasi chaos atau Kejadian Luar Biasa (KLB) saat ini. Tentunya, kita semua harus berusaha untuk tetap tegar, tabah dalam menghadapi bencana global ini. Bersama-sama dalam jarak yang sehat. Optimis mengembalikan kekuatan dan semangat, untuk bisa mengatasi dan keluar dari situasi pandemi ini, dengan selamat.

Tentunya  sobat HafecsID mau dong, bisa kembali berkumpul bersama orang-orang terdekat dan tercinta? Seperti keluarga, teman di sekolah dan kampus, rekan-rekan di kantor, kolega, dan kembali beraktivitas rutin seperti sedia kala? Yuk mari kita mulai dari menjaga dan tanggap, terhadap kesehatan fisik, mental, dan spiritual kita.

Berikut 5 langkah sederhana yang bisa sobat lakukan, untuk menjaga kestabilan emosi dan kesehatan mental sobat, di tengah kemelut Novel Corona Virus versi Hafecs. Tips-tips ini merujuk pada tips-tips, yang diberikan oleh para psikolog klinis, yang tergabung dalam Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI)

  1. Hindari menonton berita atau mencari informasi yang tidak akurat, yang justru akan menambah rasa cemas dan panik. Tetapi, carilah informasi dari situs-situs resmi yang disediakan pemerintah, seperti https://kawalcovid19.id/ , https://www.covid19.go.id/ , https://www.who.int/indonesia , https://www.kemkes.go.id/ , , atau BNPB misalnya.
  2. Atur dan tentukan jadwal untuk rutinitasmu dalam sepekan. Bagi dalam konteks bekerja, sosial, relationship bersama pasangan, dan berkumpul bersama keluarga #dalamjarakaman
  3. Fokus pada pencapaian dan situasi yang terjadi saat ini, agar kamu dapat meminimalisir pikiran yang lari kemana-mana yang seringkali menjadi sumber stress, alias mind blowing atau overthinking and
  4. Empati dan saling memberikan dukungan positif terhadap sekitar. Meskipun dalam kondisi social distancing, penting bagi kamu untuk tetap sapa, salam, senyum, sopan, dan santun, dalam jarak yang aman. Sebisa mungkin tidak menjudge orang ketika disinyalir, rentang atau berisiko tinggi terkena atau penyebar virus.
  5. Ciptakan suasana aman dan nyaman baik di lingkungan rumah maupun sosial. Dengan tidak menyebarkan berita bohong, atau menggunjing orang sekitar yang berpotensi terkena virus, tetapi memberikan informasi yang tepat dan akurat tentang bagaimana pencegahan, penanganan, dan pengawalan COVID-19 ini, kamu sudah menjadi pahlawan untuk memberikan akses informasi akurat, dalam melawan kasus pandemik ini lho.
  6. Stay healthy inside outside. Tentunya kamu perlu untuk menjaga agar kondisi fisik, mental, dan spiritualmu tetap berada dalam keadaan yang seimbang ya. Mengonsumi makanan bergizi, ekstrak vitamin dan booster untuk menambah kekebalan tubuh, berolahraga dan minum air mineral, tidur yang cukup, relaksasi dan me-time, diiringi dengan kekuatan doa yang terpanjatkan. Karena semua hal yang berkaitan dengan musibah ini berasal dari-Nya, dan pertolongan terbaik kembali pada-Nya. Berdoalah sesuai dengan keyakinan dan agama masing-masing, Tuhan pasti mendengar dan selalu memiliki jawaban terbaik-Nya.

Bagaimana? Mudahkan untuk dipraktikan di rumah? Semoga psikoedukasi dan artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat HafecsID sekalian. Nantikan artikel selanjutnya ya, mengenai update informasi perkembangan terkini COVID-19 ini. Terimakasih, bakti banua kepada nusa, bakti kami tim HafecsID untuk seluruh sobat Indonesia.

 

Kontributor: Tessa Revananda Putri—Content Web

 (Healthy Psychology in Digital Interventions)

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

× Hallo kami siap membantu Anda